Powered By Blogger

Jumat, 14 Mei 2010

Tupolev Tu-95 (Bear of Russia)


Tupolev Tu-95 (bahasa Rusia: Туполев Ту-95) (kode NATO nama: Bear) adalah besar, empat-mesin turboprop powered pembom strategis dan platform rudal.
Pertama terbang pada tahun 1952, Tu-95 dimasukkan ke dalam layanan oleh Uni Soviet pada tahun 1956 dan diperkirakan akan melayani Rusia Angkatan Udara sampai setidaknya 2040. [1].
Biasanya disebut bahkan di Rusia dengan sebutan NATO-nya, 'Bear' [2], pesawat memiliki empat Kuznetsov NK-12 mesin, masing-masing mengemudi kontra-baling-baling berputar. Ini tetap merupakan pesawat baling-baling yang digerakkan oleh tercepat dalam sejarah (yang lebih besar, lebih berat, versi penumpang Tu-114 dengan mesin de-nilai, memegang rekor dunia bersertifikat FAI kecepatan 541,23 mph kecepatan rata-rata pada 1000 km sirkuit tertutup membawa beban ke setara hanya 200kg pendek dari berat tiga Douglas DC-3's. Beberapa pesawat eksperimental yang dirancang untuk kecepatan yang lebih tinggi secara teoritis, namun tidak mencapai atau merek mereka) ini juga tetap pembom strategis hanya bertenaga turboprop dalam penggunaan operasional.. Its sayap khas menyapu-kembali berada di 35 derajat, sudut yang sangat tajam dengan standar pesawat baling-baling-didorong, dan dibenarkan oleh kecepatan operasi dan ketinggian.
Perkembangan angkatan laut dari pembom tersebut ditetapkan Tu-142.
A Tu-95MS-penerbangan atas Rusia pada tahun 2007.
Lihat TU-95 menunjukkan planform menyapu sayap

Biro desain Tupolev yang dipimpin oleh Andrei dirancang pembom antar benua pertama Uni Soviet, tahun 1949 Tu-85, versi ditingkatkan dari-, Tu 4 salinan B-29 Superfortress. The Tu-4 itu dianggap tidak memadai terhadap generasi baru dari Amerika segala cuaca pencegat.
Suatu persyaratan yang baru dikeluarkan untuk kedua dan biro desain Tupolev Myasishchev pada tahun 1950: bomber yang diusulkan harus memiliki rentang un-mengisi bahan bakar dari 8.000 km (4.970 mi) - cukup jauh untuk mengancam target utama di Amerika Serikat. tujuan lainnya termasuk kemampuan untuk melakukan suatu kg 11.000 (12 ton) beban melebihi target.
Masalah besar bagi Tupolev adalah pilihan mesin: yang Tu-4, menunjukkan bahwa mesin piston tidak cukup kuat untuk memenuhi peran itu, sementara AM bahan bakar-lapar-3 mesin jet bomber T-4 jet diusulkan antarbenua tidak memberikan cukup jangkauan. [3] pesawat turboprop menawarkan lebih banyak kekuatan daripada mesin piston dan jangkauan lebih baik daripada jet dengan kecepatan tertinggi di antara.


Sebuah simulasi Tu-95MS pengisian bahan bakar udara dengan Ilyushin Il-78 selama Victory Day Parade di Moskow pada tanggal 9 Mei 2008.
Tupolev proposal adalah dipilih dan pengembangan Tu-95 secara resmi disetujui oleh pemerintah pada tanggal 11 Juli, 1951. Ini menampilkan empat Kuznetsov 2TV-2F [4] pesawat turboprop digabungkan dilengkapi dengan delapan-berbilah kontra-baling-baling berputar, menghasilkan 8.948 kW nominal (12.000 eshp) rating daya. Berbeda dengan desain mesin canggih, pesawat itu konvensional: sebuah pesawat udara bersayap sepasang sayap kantilever tinggi dengan 35 derajat dari menyapu, sudut yang menjamin spar sayap utama yang dilalui melalui pesawat di depan teluk bom. roda tiga roda pendarat dilengkapi ditarik adalah, dengan ketiga unit rearwards mencabut gigi strut, dengan unit rearwards mencabut gigi utama ke dalam perpanjangan dari mesin nacelles batin. Tu-95 / I, dengan mesin 2TV-2F, pertama terbang November 11, 1952 dengan uji-pilot Aleksei Perelet di kontrol, tapi mengalami kegagalan gearbox baling-baling dan jatuh. [5] pesawat kedua, Tu-95/II menampilkan empat dari 12.000 EHP Kuznetsov NK-12 [6 pesawat turboprop] yang terbukti lebih handal daripada 2TV ditambah-2F. Setelah sukses uji coba penerbangan, seri produksi Tu-95 mulai pada bulan Januari 1956.
Untuk waktu yang lama, Tu-95 dikenal ke US / intelijen NATO sebagai Tu-20. Meskipun ini adalah Angkatan Udara Soviet asli sebutan untuk pesawat, pada saat itu sedang diberikan untuk unit operasional itu sudah lebih dikenal dengan sebutan Tu-95 digunakan secara internal oleh Tupolev, dan peruntukan Tu-20 dengan cepat jatuh keluar dari penggunaan di Uni Soviet.Karena Tu-20 sebutan digunakan pada banyak dokumen yang diperoleh oleh agen intelijen AS, nama yang tetap digunakan di luar Uni Soviet.
Awalnya Amerika Serikat Departemen Pertahanan tidak mengambil Tu-95 serius, sebagai estimasi menunjukkan itu memiliki kecepatan maksimum 644 km / h (400 mph) dengan jangkauan 12.500 km (7.800 mi). [7] Angka-angka ini telah harus direvisi ke atas beberapa kali.
Seperti rekan American, B-52 Stratofortress, yang Tu-95 terus beroperasi di Angkatan Udara Rusia sementara beberapa iterasi desain berikutnya pembom telah datang dan pergi. Sebagian alasan untuk umur panjang ini adalah kesesuaian, seperti B-52, untuk modifikasi untuk misi yang berbeda. Sedangkan Tu-95 pada awalnya ditujukan untuk menjatuhkan senjata nuklir jatuh bebas, itu kemudian dimodifikasi untuk melakukan berbagai peran, seperti pengerahan rudal jelajah, patroli maritim (Tu-142), dan bahkan pesawat sipil (Tu -114). Sebuah platform AWACS (Tu-126) dikembangkan dari Tu-114. Selama dan setelah Perang Dingin, utilitas Tu-95 sebagai platform senjata telah bayangi hanya oleh kegunaannya sebagai ikon diplomatik.
[Sunting] Tu-116



A-116 Tu diawetkan di Museum Ulyanovsk Pesawat
Dirancang sebagai pengganti sementara dalam kasus Tu-114A tidak selesai tepat waktu, dua pembom Tu-95 yang dilengkapi dengan kompartemen penumpang. Kedua pesawat memiliki tata letak yang sama: bagian VIP 3-kursi dengan ruang kantor, dan sisa 70 m³ kabin dikonfigurasi sebagai pesawat normal. Kedua pesawat itu akhirnya digunakan sebagai kru feri-95 oleh berbagai skuadron Tu. Salah satu mesin yang diawetkan di Ulyanovsk Bandara Tengah.
Sejarah Operasional

Perang Dingin
Tu varian-95RT khususnya adalah ikon yang sesungguhnya dari Perang Dingin karena melakukan pengawasan maritim penting dan penargetan misi untuk pesawat lainnya, kapal permukaan dan kapal selam. Itu diidentifikasi oleh tonjolan besar di bawah pesawat, yang ditempati antena radar yang digunakan untuk mencari dan kapal permukaan target. Angkatan Laut Amerika Serikat menempatkan prioritas tinggi dalam mencegat pesawat Tu-95RT setidaknya dua ratus mil dari kapal induk dengan pencegat, yang kemudian akan mengawal Tu-95 jauh dari wilayah udara NATO.
Selama interceptions, Tu-95 ekor biasanya penembak meriam kembar mereka terus menunjuk ke atas sehingga tidak memusuhi para pejuang mencegat. Demikian pula, aturan keterlibatan NATO untuk interceptions aircrews Pembatasan dari penguncian ke Tu-95 dengan radar kontrol api supaya ini disalahartikan sebagai tindakan bermusuhan.
Pada puncak Perang Dingin, jangka panjang dari Tu-95 ditunjukkan mingguan sebagai sepasang Tu-95s akan terbang dari Semenanjung Kola ke Kuba sepanjang Pantai Timur Amerika Serikat, dikawal terus sepanjang jalan. [ rujukan?]
The Tu-95 membawa dan menjatuhkan Tsar Bomba AN602, senjata nuklir terbesar dan paling kuat yang pernah diledakkan (sengaja de-rate 100-50 megaton), pada tahun 1961 [8].
di udara


Close-up dari ekor dari Tu-95


Tu-95MS dikawal oleh USAF F-15.


An F-15C Eagle mencegat seorang Rusia Tu-95MS di lepas pantai bagian barat Alaska pada tanggal 28 September 2006.
pejuang NATO itu (dan masih) sering dikirim untuk mencegat Tu-95s saat mereka melakukan misi mereka di sepanjang pinggiran wilayah udara NATO, sering dalam formasi sangat dekat.Pada tahun 1982, ketika Tu-95 terbang di sepanjang pantai Alaska, mencegat F-15 pilot Richard Ellis mengacungkan majalah Playboy di kaca kokpit nya untuk kru Soviet untuk melihat. Selama 1980-an ada banyak dikenal anekdot tentang pilot AS yang menunjukkan majalah erotis dan minuman beralkohol ke Rusia, agar menyenangkan tentang prinsip-prinsip moral komunis.
Ada cerita dari pilot Soviet tiba-tiba meliuk untuk mendorong pendamping dari program atau menyebabkan mereka untuk cepat mengurangi kecepatan. Hal ini berlangsung dua arah, namun. Pada 1980-an, memiliki Royal Norwegia Angkatan Udara F-16 bertabrakan dengan Tu-95 saat mengawal keluar dari wilayah udara Norwegia. Rupanya, pilot Norwegia telah merayap dekat dan dekat ke Tupolev sebelum tertangkap di prop mencuci dan memiliki ujung sayap robek di tabrakan yang dihasilkan. Kedua pesawat mendarat dengan selamat.
Sampai akhir 1999, Rusia Tu-95s, biasanya terbang berpasangan, datang dalam jarak pukul kedua Islandia / rute Greenland Atlantik Utara dan Alaska / Laut Bering rute Pasifik Utara. Pada bulan Juni 1999, Tu-95s, bersama dengan dua Tu-160, kembali setelah dicegat oleh pesawat tempur Amerika Serikat. Sebuah kejadian serupa terjadi pada bulan September tetapi Tu-95s kembali tanpa melakukan kontak.
Baru-baru ini pada bulan Juli 2007 selama baris diplomatik antara Britania Raya dan Rusia atas pembunuhan mantan mata-mata Rusia Alexander Litvinenko, Royal Air Force Tornado itu bergegas untuk mencegat Tu-95s yang tampaknya 'menyelidik' wilayah udara Inggris dalam mengingatkan peristiwa Dingin perang permusuhan. [9]
[Sunting] Present status dan masa depan
Semua Tu-95s sekarang di Rusia adalah varian Tu-95MS, dibangun pada tahun 1980-an dan 1990-an. Pada tanggal 18 Agustus 2007, lalu Presiden Vladimir Putin mengumumkan bahwa Tu-95 akan melanjutkan patroli, 15 tahun setelah mereka telah dihentikan. [10]
Rusia Tu-95s dilaporkan ambil bagian dalam latihan laut di lepas pantai Perancis dan Spanyol pada bulan Januari 2008, bersama dengan pembom Tu-22M3 menjadi bumerang strategis dan pesawat peringatan dini udara. [11]
Pada bulan Oktober 2008, selama latihan militer Rusia kode-bernama Stabilitas 2008, pesawat Tu-95MS dipecat udara hidup diluncurkan rudal jelajah (ALCM) untuk pertama kalinya sejak tahun 1984. Rentang panjang ALCM Raduga Kh-55 berarti Tu-95MS Bears telah diubah sekali lagi menjadi sistem senjata tangguh strategis. [12]
Varian dan Derivatif

A Tu-95 melakukan sebuah-terbang di atas dengan Il-78 dan dua MiG 29s simulasi pengisian bahan bakar udara pada Parade Hari Kemenangan di Moskow pada tanggal 9 Mei 2008.
Tu-95RTs
Tu-95 / 1 - Prototipe pertama powered by Kuznetsov 2F 2TV-mesin turboprop digabungkan, jatuh dalam penerbangan pertama.
Tu-95 / 2 - Prototipe kedua powered by Kuznetsov NK-12 pesawat turboprop.
Tu-95/Tu-95M - Dasar varian dari pembom strategis jangka panjang dan satunya model pesawat tidak dilengkapi dengan hidung probe pengisian bahan bakar. Dikenal untuk NATO sebagai Bear-A.
Tu-95rb - versi eksperimental untuk udara-menjatuhkan MiG-19 SM-20 pesawat jet.
Tu-95K22 - Konversi dari Bear pembom tua, ulang untuk membawa rudal Raduga Kh-22 dan memasukkan avionik modern. NATO dikenal sebagai G-Bear.
Tu-95K/Tu-95KD - Dirancang untuk membawa rudal Raduga Kh-20 udara ke permukaan.Pesawat Tu-95KD adalah yang pertama harus dilengkapi dengan probe hidung. NATO dikenal sebagai B-Bear.
Tu-95KM - Dimodifikasi dan meng-upgrade versi dari Tu-95rb, paling penting untuk meningkatkan sistem mereka pengintaian. Ini pada gilirannya dikonversi menjadi konfigurasi G Bear. NATO dikenal sebagai C-Bear.
Tu-95M-55 - Missile carrier.
Tu-95MR - Bear A diubah untuk foto-pengintai dan diproduksi untuk Naval Aviation. Dikenal untuk NATO sebagai Bear-E.
Tu-95MS/Tu-95MS6/Tu-95MS16 - Lengkap rudal jelajah baru carrier platform berbasis pada kerangka pesawat Tu-142. varian ini menjadi platform peluncuran rudal Raduga Kh-55 cruise.Dikenal untuk NATO sebagai Bear-H dan dirujuk oleh militer AS sebagai Tu-142 untuk beberapa waktu di tahun 1980-an sebelum penetapan sebenarnya dikenal.
Tu-95N - versi eksperimental untuk udara menjatuhkan sebuah pesawat powered Ramjet RS.
Tu-95RTs - Razvedchik Tseleukazatel - Varian dari konfigurasi Suatu dasar Bear, dirancang ulang untuk pengintaian maritim dan penargetan serta intelijen elektronik untuk layanan di Soviet Naval Aviation. Dikenal untuk NATO sebagai Bear-D.
Tu-95U Uchebnyy - Pelatihan - Pelatihan varian, diubah dari hidup Bear A tetapi sekarang semua telah pensiun. NATO dikenal sebagai T-Bear.
Tu-96 - jarak antar prototipe pembom tinggi ketinggian strategis, versi tinggi ketinggian pesawat Tupolev Tu-95 dengan ketinggian tinggi ditambah TV-16 turboprop mesin dan sayap, daerah baru diperbesar. Tanaman tes pesawat dilakukan dengan mesin non-tinggi TV ketinggian-12 di 1955-1956. [1]
Tu-114 - Airliner turunan dari Tu-95.
Tu-116 - Tu-95 dilengkapi dengan kabin penumpang sebagai celah-stop sementara Tu-114 yang sedang dikembangkan. Hanya 2 dikonversi. [13]
Tu-95LaL (Tu-119) - proyek pesawat bertenaga nuklir eksperimental.
Tu-126 - AEW & C turunan dari Tu-114, itu sendiri berasal dari Tu-95.
Tu-142 - pengintai Maritim perang / anti-kapal selam turunan dari Tu-95.
Beberapa modifikasi lain dari kerangka pesawat Tu-95/Tu-142 dasar sudah ada, tetapi sebagian besar belum diakui oleh intelijen Barat atau yang lain tidak pernah mencapai status operasional dalam militer Soviet. Salah satunya Bear diubah, dikenal sebagai Tu-95V, digunakan untuk menjatuhkan Tsar Bomba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar