
Sukhoi Su-30 (kode NATO Flanker-C nama) adalah kembar-mesin, pesawat multi-peran militer yang dikembangkan oleh Sukhoi Rusia Aviation Corporation. Ini adalah dua-kursi, dual-peran tempur untuk segala cuaca, udara ke udara dan udara ke permukaan larangan dalam misi. Su-30 diperkenalkan ke layanan operasional pada tahun 1996.
Pesawat ini adalah versi modern dari Su-27UB dan memiliki beberapa varian. Su-30K dan Su-30MK seri telah sukses komersial. Varian-varian ini diproduksi oleh organisasi yang bersaing: KNAAPO dan Irkut Corporation, yang keduanya berada di bawah payung grup Sukhoi.KNAAPO memproduksi Su-30MKK dan Su-30MK2, yang dirancang dan dijual ke Cina dan kemudian Indonesia. Irkut membuat jangka panjang, multi-peran Su-30MK seri. Serial ini termasuk Su-30MKI dikembangkan untuk Angkatan Udara India dan turunannya, yang MKM, MKA dan MKV untuk Malaysia, Aljazair dan Venezuela masing-masing.
Sementara Su-27 yang asli rentang yang baik telah, masih tidak cukup untuk tugas pertahanan udara tertentu yang dipersyaratkan oleh Strany PVO ("PVO" atau Protivo-Vozdushnaya Oborona - "Pertahanan Udara") yang membentang persyaratan kebutuhan untuk menutupi luas bentangan dari Uni Soviet. Oleh karena itu, pengembangan dimulai pada tahun 1986 di Su-27PU, sebuah varian meningkatkan-kemampuan Su-27 mampu melayani sebagai interceptor jarak jauh atau pos komando udara. Pelatih tempur dua-kursi Su-27UB dipilih sebagai dasar Su-27PU, karena memiliki kinerja sebuah kursi tunggal Su-27 dan misi jangka panjang memerlukan dua awak. Sebuah "bukti-konsep" demonstran terbang 6 Juni 1987, dan keberhasilan ini menyebabkan kick-off pembangunan pada dua prototip Su-27PU. Su-27PU pertama terbang di Irkutsk pada tanggal 31 Desember 1989, dan yang pertama dari tiga model pra-seri terbang di 14 April 1992.
Untuk menyesuaikan Su-27UB dengan peran baru, pesawat ini dilengkapi dengan retractable di-probe pengisian bahan bakar penerbangan untuk meningkatkan jangkauan; probe offset ke sisi kiri hidung dan, untuk mengakomodasi itu, IRST telah dikurangkan kepada benar. avionik pesawat itu telah berubah, komunikasi dan peralatan khusus pas bimbingan untuk penerbangan perintah pembentukan kursi tunggal Su-27 pencegat. Kokpit belakang menerima layar CRT besar yang menyediakan pemimpin taktis formasi dengan informasi tentang sasaran dan pencegat. Navigasi dan sistem fly-by-wire juga ditingkatkan. Itu dilengkapi dengan radar NIIP N001 diperbarui, yang menyediakan kemampuan untuk serangan darat dan untuk melacak dan terlibat target udara secara bersamaan.
Sukhoi Su-menawarkan 27PU untuk digunakan sebagai pengendali tempur "", semacam mini-AWACS, dengan kursi-belakang dengan menggunakan radar dan link data untuk mengontrol pejuang lainnya. Namun, PVO itu tidak tertarik untuk membeli Su-27PU. Semua lima Su-27PUs, dengan sebutan baru "Su-30", berakhir di layanan PVO dalam peran pelatihan.Pengiriman ke Interceptor 54 Resimen Udara di dasar pelatihan lanjutan di Savostleyka dimulai pada tahun 1996.
A Su-30M dua-kursi multi-peran varian diusulkan untuk digunakan Rusia dan beberapa mungkin telah dibangun di pertengahan 1990-an untuk evaluasi.
Sukhoi mengusulkan varian ekspor, Su-30MK, di mana "MK" berdiri untuk "Modernizirovannyi Kommercheskiy" (dimodernisasi Komersial). Sukhoi ditampilkan sebuah Su-30MK demonstran di Paris Air Show tahun 1993. Sebuah demonstran Su-30MK jauh lebih dioptimalkan, dibangun dari pertama produksi Su-27PU, itu ditampilkan pada tahun 1994.
[Sunting] Desain
Su-30 adalah pesawat tempur multi-peran. Ia memiliki dua kursi kokpit dengan rem belakang kanopi.
File: Sukhoi Su-30 MKI.jpg
Angkatan Udara India Sukhoi Su-30MKI canards fitur dan kemampuan daya dorong vector.
[Sunting tempur] yang sangat fleksibel multi-peran
Su-30MK mampu menyelesaikan berbagai misi tempur pada jarak yang signifikan dari dasar rumah, di semua kondisi cuaca dan di lingkungan kemacetan parah, [rujukan?] Baik oleh siang dan malam.
Ini pesawat multi-peran yang cukup cocok untuk seluruh spektrum skenario tempur taktis dan operasional lapangan kerja, dan berbeda dari tugas-tugas counter-udara (mis. mendapatkan superioritas udara, pertahanan udara, patroli udara dan mengawal) untuk serangan darat, pertahanan udara penindasan musuh , larangan udara, dukungan udara dekat dan serangan maritim. Selain itu, Su-30MK dapat melakukan tugas-tugas ECCM dan peringatan dini, serta latihan perintah-dan-kontrol atas sekelompok aktiva tempur udara melakukan misi bersama.Memiliki 9 manuvernya g beban.
[Sunting] Sudut serangan
konfigurasi aerodinamik yang Su-30MK adalah sebuah triplane tidak stabil-in-bujur (lihat santai stabilitas). Untuk meningkatkan efektivitas dan meningkatkan mengangkat manuver pesawat terbang, canards diinstal. Mereka dibelokkan secara otomatis untuk memastikan penerbangan terkendali pada tinggi-serangan-sudut. Canards, bagaimanapun, telah terinstal hanya dalam beberapa varian Su-30 seperti Su-30MKI.
[Sunting] manuver Kobra Pugachev
Konfigurasi aerodinamik terintegrasi, dikombinasikan dengan kemampuan dorong vector kontrol, hasil dalam manuver yang luar biasa dan lepas landas karakteristik unik dan arahan. Dilengkapi dengan digital fly-by sistem kawat, Su-30MK mampu melakukan beberapa manuver sangat maju. Mereka termasuk Pugachev terkenal's Cobra dan Bell. Ini memungkinkan pesawat untuk cepat strip kecepatan udara, menyebabkan seorang pejuang mengejar untuk overshoot [2]. Sementara melakukan manuver jungkir gilirannya membuat pesawat 360 derajat di lapangan pesawat tanpa kehilangan ketinggian. Dalam manuver Flat Spin Controlled ternyata pesawat melakukan beberapa penuh pada bidang horisontal, dengan kecepatan nol ke depan, hampir di tempat.
Untuk menyesuaikan Su-27UB dengan peran baru, pesawat ini dilengkapi dengan retractable di-probe pengisian bahan bakar penerbangan untuk meningkatkan jangkauan; probe offset ke sisi kiri hidung dan, untuk mengakomodasi itu, IRST telah dikurangkan kepada benar. avionik pesawat itu telah berubah, komunikasi dan peralatan khusus pas bimbingan untuk penerbangan perintah pembentukan kursi tunggal Su-27 pencegat. Kokpit belakang menerima layar CRT besar yang menyediakan pemimpin taktis formasi dengan informasi tentang sasaran dan pencegat. Navigasi dan sistem fly-by-wire juga ditingkatkan. Itu dilengkapi dengan radar NIIP N001 diperbarui, yang menyediakan kemampuan untuk serangan darat dan untuk melacak dan terlibat target udara secara bersamaan.
Sukhoi Su-menawarkan 27PU untuk digunakan sebagai pengendali tempur "", semacam mini-AWACS, dengan kursi-belakang dengan menggunakan radar dan link data untuk mengontrol pejuang lainnya. Namun, PVO itu tidak tertarik untuk membeli Su-27PU. Semua lima Su-27PUs, dengan sebutan baru "Su-30", berakhir di layanan PVO dalam peran pelatihan.Pengiriman ke Interceptor 54 Resimen Udara di dasar pelatihan lanjutan di Savostleyka dimulai pada tahun 1996.
A Su-30M dua-kursi multi-peran varian diusulkan untuk digunakan Rusia dan beberapa mungkin telah dibangun di pertengahan 1990-an untuk evaluasi.
Sukhoi mengusulkan varian ekspor, Su-30MK, di mana "MK" berdiri untuk "Modernizirovannyi Kommercheskiy" (dimodernisasi Komersial). Sukhoi ditampilkan sebuah Su-30MK demonstran di Paris Air Show tahun 1993. Sebuah demonstran Su-30MK jauh lebih dioptimalkan, dibangun dari pertama produksi Su-27PU, itu ditampilkan pada tahun 1994.
[Sunting] Desain
Su-30 adalah pesawat tempur multi-peran. Ia memiliki dua kursi kokpit dengan rem belakang kanopi.
File: Sukhoi Su-30 MKI.jpg
Angkatan Udara India Sukhoi Su-30MKI canards fitur dan kemampuan daya dorong vector.
[Sunting tempur] yang sangat fleksibel multi-peran
Su-30MK mampu menyelesaikan berbagai misi tempur pada jarak yang signifikan dari dasar rumah, di semua kondisi cuaca dan di lingkungan kemacetan parah, [rujukan?] Baik oleh siang dan malam.
Ini pesawat multi-peran yang cukup cocok untuk seluruh spektrum skenario tempur taktis dan operasional lapangan kerja, dan berbeda dari tugas-tugas counter-udara (mis. mendapatkan superioritas udara, pertahanan udara, patroli udara dan mengawal) untuk serangan darat, pertahanan udara penindasan musuh , larangan udara, dukungan udara dekat dan serangan maritim. Selain itu, Su-30MK dapat melakukan tugas-tugas ECCM dan peringatan dini, serta latihan perintah-dan-kontrol atas sekelompok aktiva tempur udara melakukan misi bersama.Memiliki 9 manuvernya g beban.
[Sunting] Sudut serangan
konfigurasi aerodinamik yang Su-30MK adalah sebuah triplane tidak stabil-in-bujur (lihat santai stabilitas). Untuk meningkatkan efektivitas dan meningkatkan mengangkat manuver pesawat terbang, canards diinstal. Mereka dibelokkan secara otomatis untuk memastikan penerbangan terkendali pada tinggi-serangan-sudut. Canards, bagaimanapun, telah terinstal hanya dalam beberapa varian Su-30 seperti Su-30MKI.
[Sunting] manuver Kobra Pugachev
Konfigurasi aerodinamik terintegrasi, dikombinasikan dengan kemampuan dorong vector kontrol, hasil dalam manuver yang luar biasa dan lepas landas karakteristik unik dan arahan. Dilengkapi dengan digital fly-by sistem kawat, Su-30MK mampu melakukan beberapa manuver sangat maju. Mereka termasuk Pugachev terkenal's Cobra dan Bell. Ini memungkinkan pesawat untuk cepat strip kecepatan udara, menyebabkan seorang pejuang mengejar untuk overshoot [2]. Sementara melakukan manuver jungkir gilirannya membuat pesawat 360 derajat di lapangan pesawat tanpa kehilangan ketinggian. Dalam manuver Flat Spin Controlled ternyata pesawat melakukan beberapa penuh pada bidang horisontal, dengan kecepatan nol ke depan, hampir di tempat.
Mesin
pembangkit listrik pesawat itu mencakup dua Saturn AL-31F afterburning mesin turbofan low-bypass. Dua turbofan AL-31F, masing-masing peringkat 12.500 kgf (123 kN, £ 27.550) afterburning dorongan penuh menjamin kecepatan Mach 2 penerbangan horizontal, 1.350 km / jam kecepatan di ketinggian rendah, dan 230 m / s naik tingkat.
Dengan cadangan bahan bakar normal 5.270 kg, Su-30MK mampu melakukan misi tempur 4,5 jam dengan jangkauan 3.000 km. Penerbangan-dalam sistem pengisian bahan bakar meningkatkan durasi penerbangan hingga 10 jam dengan kisaran 5.200 Km (3.231 mil) di ketinggian 11-13 km pelayaran.
Rentang panjang yang meningkat opsi penyebaran. Misi bervariasi dari patroli yang berkepanjangan, dan pendamping untuk memotong jarak jauh dan serangan darat.
[Sunting] diagonal 2D vector kontrol dorong
Diferensial ± 15 derajat defleksi nosel asimetris mesin '(dengan kapak gilirannya diposisikan pada sudut 32 derajat satu sama lain) memungkinkan pitch / yaw dorong vector kontrol.Tergantung pada manuver yang akan dilakukan, nozel defleksi dapat disinkronisasi dengan atau berbeda dari defleksi horisontal ekor pesawat.
Dua anggota awak
Suatu konfigurasi dua anggota awak memberikan kontribusi signifikan terhadap kemampuan memerangi ditingkatkan, karena adanya pembagian beban kerja yang rasional antara anggota kru. Sementara pilot pesawat terbang pertama, kontrol senjata dan melakukan manuver pertempuran udara, co-pilot menggunakan BVR udara ke udara dan senjata dipandu udara ke darat di Pertunangan jarak jauh, monitor lingkungan taktis untuk memastikan kesadaran situasional, dan melakukan perintah-dan-kontrol tugas dalam misi-misi kelompok.
[Sunting] Avionik
Radar: Entah sebuah N001VE atau Phazotron N010 Zhuk-27 atau N011M BARS pulsa elektronik pasif discan Doppler radar array. Mampu mendeteksi dan melacak sampai 15 sasaran udara, sedang ia juga menyerang empat dari mereka. The N011M BARS radar (yang menampilkan 20-m (65,6 kaki) resolusi) memastikan deteksi target permukaan laut besar pada jarak sampai 400 km (248,5 mil), dan ukuran yang kecil pada jarak hingga 120 km (74,5 mil).
avionik lainnya termasuk sistem optronic terintegrasi penampakan-dan-navigasi dengan sistem giro laser navigasi; helm-mount display, a-kepala up-display, LCD multi-fungsi gambar pencampuran warna dengan kemampuan dan sistem GPS (GLONASS / NAVSTAR kompatibel).
IR dan penampakan buah laser untuk mendeteksi dan terlibat target kecil ukuran tanah yang tersedia untuk instalasi. Pesawat ini dilengkapi dengan fasilitas ECCM dimaksudkan untuk menumbangkan penanggulangan elektronik dan elektro-optik bermusuhan.
Pesawat ini memiliki kemampuan otomatis pada semua tahap penerbangan termasuk penerbangan ketinggian rendah dalam mode medan-berikut, dan individu dan kelompok kerja pertempuran melawan udara dan darat / target permukaan laut. sistem kontrol otomatis berkaitan dengan sistem navigasi memastikan rute penerbangan, mendekati target, pemulihan untuk lapangan udara dan pendekatan arahan dalam mode otomatis.
Unit
A Su-30K standar diperkirakan sebesar US $ 34 juta. [3]
Sebuah varian Su-30MKK diperkirakan sebesar US $ 53 juta.
Varian Sukhoi Su-30
Su-27PU
Long range interceptor berdasarkan pelatih Su-27UB dua tempat duduk. Kemudian berganti nama menjadi Su-30.
Su-30
tempur testbed dengan canards ditambahkan.
Su-30K
Versi komersial dari dasar Su-30.
Su-30KI
Sukhoi proposal untuk upgrade Rusia AF kursi tunggal Su-27s. Juga diusulkan untuk versi ekspor Indonesia, 24 diperintahkan tapi kemudian dibatalkan karena Krisis Keuangan Asia 1997, [4] kursi hanya satu di Su-30 keluarga.
Su-30KN
Upgrade bagi para pejuang dua-tempat duduk operasional, Su-27UB, Su-30 dan Su-30K.
Su-30M
Pada dasarnya sebuah upgrade Su-27PU, pertama nyata multi-peran dalam pesawat Su-27 keluarga.
Su-30MK dari Angkatan Udara Republik Indonesia
Su-30MK
Versi komersial dari Su-30M pertama kali terungkap pada tahun 1993. Ekspor versi termasuk navigasi dan peralatan komunikasi dari Hindustan Aeronautics Ltd [5]
Su-30M2
Upgrade Su-30MK dengan canards dan TVC.
Su-30MKI
MKI singkatan dari "Modernizirovannyi Kommercheskiy Indiski" yang berarti "dimodernisasi Komersial India". Bersama-dikembangkan dengan India's Hindustan Aeronautics Limited untuk Angkatan Udara India. Termasuk vector Thrust Control (TVC) dan canards. Dilengkapi dengan komplek avionik multi-nasional yang bersumber dari Israel, India, Rusia dan Perancis. [6]
Su-30MKK
Ekspor versi untuk Cina. MKK singkatan Modernizirovannyi Kommercheskiy Kitaya atau dimodernisasi Komersial Cina.
Su-30MKM
Sebuah turunan dari MKI Indo-Rusia, [7] MKM adalah versi yang sangat khusus untuk Angkatan Udara Kerajaan Malaysia dan termasuk Dorong vector Control (TVC) dan canards tetapi dengan avionik dari berbagai negara. Fitur ini akan menampilkan kepala-up (HUD), navigasi ke depan sistem IR (NAVFLIR) dan Damocles Laser Penunjukan polong (LDP) dari Thales Group Perancis, Maw-300 rudal pendekatan sensor peringatan (MAWS), RWS-50 RWR dan laser sensor peringatan (LWS) dari SAAB AVITRONICS (Afrika Selatan) [8] serta Rusia NIIP N011M BARS PESA radar, perang elektronik (EW) system, sistem optik-lokasi (OLS) dan kokpit kaca. [9] Lainnya Goodrich termasuk lampu dan suite komunikasi dari Rohde & Schwarz Jerman.avionik Israel di varian MKI telah dihilangkan karena alasan politik. [rujukan?]
Su-30MKV
Versi Ekspor untuk Venezuela adalah kemungkinan besar akan mirip dengan Su-30MK2. Ini didasarkan pada adanya dua model demonstran tersebut (No 0460 dan No 1259) dari fasilitas KNAAPO yang ambil bagian pada bulan Juli 2006 parade hari nasional di Caracas.
Su-30MK2
Su-30MKK dengan upgrade elektronik yang memungkinkan dukungan untuk peluru kendali anti-kapal.
Su-30MK2V
Su-30MK2 varian untuk Vietnam dengan sedikit modifikasi. [10]
Su-30MK3
Su-30MKK dengan radar MSE Zhuk dan Dukungan terhadap anti-kapal rudal Kh-59MK.
Su-30MKA
Sebuah versi khusus untuk Aljazair mirip dengan MKI, tapi terutama akan dilengkapi dengan sistem avionik Perancis dan Rusia. Ini akan menampilkan kepala-up dan menampilkan multifungsi dari Grup Sagem Thales dan Perancis.
pembangkit listrik pesawat itu mencakup dua Saturn AL-31F afterburning mesin turbofan low-bypass. Dua turbofan AL-31F, masing-masing peringkat 12.500 kgf (123 kN, £ 27.550) afterburning dorongan penuh menjamin kecepatan Mach 2 penerbangan horizontal, 1.350 km / jam kecepatan di ketinggian rendah, dan 230 m / s naik tingkat.
Dengan cadangan bahan bakar normal 5.270 kg, Su-30MK mampu melakukan misi tempur 4,5 jam dengan jangkauan 3.000 km. Penerbangan-dalam sistem pengisian bahan bakar meningkatkan durasi penerbangan hingga 10 jam dengan kisaran 5.200 Km (3.231 mil) di ketinggian 11-13 km pelayaran.
Rentang panjang yang meningkat opsi penyebaran. Misi bervariasi dari patroli yang berkepanjangan, dan pendamping untuk memotong jarak jauh dan serangan darat.
[Sunting] diagonal 2D vector kontrol dorong
Diferensial ± 15 derajat defleksi nosel asimetris mesin '(dengan kapak gilirannya diposisikan pada sudut 32 derajat satu sama lain) memungkinkan pitch / yaw dorong vector kontrol.Tergantung pada manuver yang akan dilakukan, nozel defleksi dapat disinkronisasi dengan atau berbeda dari defleksi horisontal ekor pesawat.
Dua anggota awak
Suatu konfigurasi dua anggota awak memberikan kontribusi signifikan terhadap kemampuan memerangi ditingkatkan, karena adanya pembagian beban kerja yang rasional antara anggota kru. Sementara pilot pesawat terbang pertama, kontrol senjata dan melakukan manuver pertempuran udara, co-pilot menggunakan BVR udara ke udara dan senjata dipandu udara ke darat di Pertunangan jarak jauh, monitor lingkungan taktis untuk memastikan kesadaran situasional, dan melakukan perintah-dan-kontrol tugas dalam misi-misi kelompok.
[Sunting] Avionik
Radar: Entah sebuah N001VE atau Phazotron N010 Zhuk-27 atau N011M BARS pulsa elektronik pasif discan Doppler radar array. Mampu mendeteksi dan melacak sampai 15 sasaran udara, sedang ia juga menyerang empat dari mereka. The N011M BARS radar (yang menampilkan 20-m (65,6 kaki) resolusi) memastikan deteksi target permukaan laut besar pada jarak sampai 400 km (248,5 mil), dan ukuran yang kecil pada jarak hingga 120 km (74,5 mil).
avionik lainnya termasuk sistem optronic terintegrasi penampakan-dan-navigasi dengan sistem giro laser navigasi; helm-mount display, a-kepala up-display, LCD multi-fungsi gambar pencampuran warna dengan kemampuan dan sistem GPS (GLONASS / NAVSTAR kompatibel).
IR dan penampakan buah laser untuk mendeteksi dan terlibat target kecil ukuran tanah yang tersedia untuk instalasi. Pesawat ini dilengkapi dengan fasilitas ECCM dimaksudkan untuk menumbangkan penanggulangan elektronik dan elektro-optik bermusuhan.
Pesawat ini memiliki kemampuan otomatis pada semua tahap penerbangan termasuk penerbangan ketinggian rendah dalam mode medan-berikut, dan individu dan kelompok kerja pertempuran melawan udara dan darat / target permukaan laut. sistem kontrol otomatis berkaitan dengan sistem navigasi memastikan rute penerbangan, mendekati target, pemulihan untuk lapangan udara dan pendekatan arahan dalam mode otomatis.
Unit
A Su-30K standar diperkirakan sebesar US $ 34 juta. [3]
Sebuah varian Su-30MKK diperkirakan sebesar US $ 53 juta.
Varian Sukhoi Su-30
Su-27PU
Long range interceptor berdasarkan pelatih Su-27UB dua tempat duduk. Kemudian berganti nama menjadi Su-30.
Su-30
tempur testbed dengan canards ditambahkan.
Su-30K
Versi komersial dari dasar Su-30.
Su-30KI
Sukhoi proposal untuk upgrade Rusia AF kursi tunggal Su-27s. Juga diusulkan untuk versi ekspor Indonesia, 24 diperintahkan tapi kemudian dibatalkan karena Krisis Keuangan Asia 1997, [4] kursi hanya satu di Su-30 keluarga.
Su-30KN
Upgrade bagi para pejuang dua-tempat duduk operasional, Su-27UB, Su-30 dan Su-30K.
Su-30M
Pada dasarnya sebuah upgrade Su-27PU, pertama nyata multi-peran dalam pesawat Su-27 keluarga.
Su-30MK dari Angkatan Udara Republik Indonesia
Su-30MK
Versi komersial dari Su-30M pertama kali terungkap pada tahun 1993. Ekspor versi termasuk navigasi dan peralatan komunikasi dari Hindustan Aeronautics Ltd [5]
Su-30M2
Upgrade Su-30MK dengan canards dan TVC.
Su-30MKI
MKI singkatan dari "Modernizirovannyi Kommercheskiy Indiski" yang berarti "dimodernisasi Komersial India". Bersama-dikembangkan dengan India's Hindustan Aeronautics Limited untuk Angkatan Udara India. Termasuk vector Thrust Control (TVC) dan canards. Dilengkapi dengan komplek avionik multi-nasional yang bersumber dari Israel, India, Rusia dan Perancis. [6]
Su-30MKK
Ekspor versi untuk Cina. MKK singkatan Modernizirovannyi Kommercheskiy Kitaya atau dimodernisasi Komersial Cina.
Su-30MKM
Sebuah turunan dari MKI Indo-Rusia, [7] MKM adalah versi yang sangat khusus untuk Angkatan Udara Kerajaan Malaysia dan termasuk Dorong vector Control (TVC) dan canards tetapi dengan avionik dari berbagai negara. Fitur ini akan menampilkan kepala-up (HUD), navigasi ke depan sistem IR (NAVFLIR) dan Damocles Laser Penunjukan polong (LDP) dari Thales Group Perancis, Maw-300 rudal pendekatan sensor peringatan (MAWS), RWS-50 RWR dan laser sensor peringatan (LWS) dari SAAB AVITRONICS (Afrika Selatan) [8] serta Rusia NIIP N011M BARS PESA radar, perang elektronik (EW) system, sistem optik-lokasi (OLS) dan kokpit kaca. [9] Lainnya Goodrich termasuk lampu dan suite komunikasi dari Rohde & Schwarz Jerman.avionik Israel di varian MKI telah dihilangkan karena alasan politik. [rujukan?]
Su-30MKV
Versi Ekspor untuk Venezuela adalah kemungkinan besar akan mirip dengan Su-30MK2. Ini didasarkan pada adanya dua model demonstran tersebut (No 0460 dan No 1259) dari fasilitas KNAAPO yang ambil bagian pada bulan Juli 2006 parade hari nasional di Caracas.
Su-30MK2
Su-30MKK dengan upgrade elektronik yang memungkinkan dukungan untuk peluru kendali anti-kapal.
Su-30MK2V
Su-30MK2 varian untuk Vietnam dengan sedikit modifikasi. [10]
Su-30MK3
Su-30MKK dengan radar MSE Zhuk dan Dukungan terhadap anti-kapal rudal Kh-59MK.
Su-30MKA
Sebuah versi khusus untuk Aljazair mirip dengan MKI, tapi terutama akan dilengkapi dengan sistem avionik Perancis dan Rusia. Ini akan menampilkan kepala-up dan menampilkan multifungsi dari Grup Sagem Thales dan Perancis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar